Bingung Cari Niche Web? Masuk!!!

Ketika melihat teman difacebook upload gambar earning yang karungan atau melihat gambar histat yang trafiknya bejibun apa yang sobat pikirkan? apa yang sobat lakukan? Pastinya ingin juga seperti itu.

[Kepo Mode : ON] mulai intip profil, atau langsung chat-chat dan SKSD(Sok Kenal Sok Dekat). :)

Kebanyakan yang ditanyakan di dalam komentar adalah niche. Niche apa om, gan, sob, sobgan! Indo apa Bule?

Yang bertanya adalah orang yang belum bisa fokus dan sisanya adalah orang yang benar belum tahu ide untuk memilih niche. Nah kesempatan ini dug agc ingin membuka mata sobat niche apa saja yang bisa dipilih dalam ng-blog.

Dulu, saat menentukan niche saya selalu memilih niche umum seperti "Home", "Car", dll. Sementara masih banyak niche yang tidak terlintaskan dipikiran kita dan minim saingan.

Menentukan niche atau riset keyword adalah sebuah keharusan bagi pemain blog komersil. Riset keyword / penentuan niche ini merupakan pondasi utama agar enak optimasinya nanti, onpage atau offpage.
Bingung Cari Niche Web
No Caption

O ya, yang saya maksud pada artikel ini adalah blog bule, berhubung saya tidak pandai bahasa linggis, maka saya bermain blog Bule + Semi Wallpaper. Minim artikel dan banyak gambar. Katanya tidak aman untuk adsense? kata siapa? thin content? Entahla... saya sudah terlanjur mencicipi blog semi walppaper.

Niche Blog

Berikut ini adalah niche-niche yang sering saya mainkan.

1. Home
Ada banyak sekali niche mikro yang bisa di gali lebih dalam dari home, kita bisa membuat menu utama seperti ini. Interior Design Ideas, Interior Designs, Home Design Ideas, Room Design Ideas, Interior Design, Interior Decorating, atau lebih mikro lagi seperti Kitchen, Bed, Table, Garden, Bathroom, Sofa, Chair, Pool, Garbage, Aquarium, Wood Burning Stoves, Fire Pit, dst.

Untuk mendapatkan ide lebih banyak lagi silahkan buka salah satu web niche home dan lihat kategori-kategorinya

2. Automotive
Bisa membahas varian terbaru, design, modifikasi dan lainnya. Menu utama, bisa berdasarkan brand seperti Acura,AlfaRomeo,Audi,Bentley,BMW,Bugatti,Buick,Cadillac,Chevrolet,Chrysler,Citroen,Dodge,Ferrari,Fiat,Ford,GMC,Honda,Hyundai,Infiniti,Jaguar,Jeep,KIA,Lamborghini,LandRover,Lexus,Lincoln,Maserati,Mazda,Mercedes-Benz,Mini,Nissan,Opel,Peugeot,Porsche,Renault,Rolls-Royce,Skoda,Subaru,Tesla,Toyota,Volkswagen,Volvo

3. Wedding 
Wedding merupakan niche yang dicari cewek maupun cowok. Beberapa hal yang bisa kita explore di niche ini yakni : Wedding Dress, Wedding Indoor/Outdoor Decoration, Wedding Cake, Wedding Rings, Wedding Accessories, Unique Wedding Invitation, dll.

4. Cake
Untuk menu utama bisa terdiri dari Wedding Cake, Birthday Cake, Easter Cake, Helloween Cake, atau kue2 dari judul film anak-anak spt naruto cake ideas, princess sofia cake ideas, dll

5. Coloring Page
Niche ini sangat disukai oleh anak-anak atau orang tua untuk anaknya yang suka menggambar, mewarnai, biasanya mereka akan mencari gambar di google dengan keyword seperti "Judul Film + Coloring page"
Contohnya : Cinderella Coloring page

Atau rumus "nama tokoh + coloring page"
Contohnya : Princess Elsa Coliring Page

6. Body Art
Peluang Visitor cukup besar di niche ini, sayangnya saya sering mendapat teguran dari google adsense. Karena agak berbau dewasa xxx gitu. Beberapa yang bisa kita explore di niche ini yakni : Hairstyles, Tattoo dan Nail Art.

7. Animal/nature 
Niche ini lebih bnyak pilihan lagi untuk kita explore. Contoh niche Animal, utamakanlah hewan-hewan peliharaan yang bisa memancing emosi jika melihatnya..

Contohnya : Cat, Dog, Horse, Fish, Bird (misal jika kita memilih Dog, tentunya akan ada berbagai macam jenis anjingnya dan itu kita ketegorikan lagi di website wallpapernya)

Nah untuk nature sih biasanya berhubungan dengan alam atau tumbuhan seperti Beach, Waterfall, Flower, Tree, dst.

8. Niche Musiman/Season
Pemain amazon sering sekali memanfaatkan situasi yang satu ini, memanfaatkan season (musim/momen) tertentu dalam pemilihan conten seperti Diwali day, Easter Egg, Eid Mubarok, Xmas, Halloween.

Contohnya sewaktu 30 hari mendekati Halloween, hal-hal yang bisa kita explore yakni :
  • Male/Female/Kids Halloween Costum Idea
  • Male/Female/Kids Halloween makeup Idea
  • Halloween Decorating Idea (Outdoor/Indoor, Table, dll)
  • Pumpkins Carving Pattern
Bagaimana dengan bahasan yang telah dirangkum blog dug agc mengenai niche ? masih bingun juga? coba baca bahasan Cara Menemukan Ide Keyword tanpa tool berikut ini.

1. Wikipedia
2. SEO SearchTerms Tagging 2 (STT2)
3. Fitur Category di Article Directory (ex. ezinearticles.com)
4. Komentar Spam
5. Google Autocomplete (Suggestions)
6. Google Related Search
7. Kompetitor Keywords(ctrl+U). Kemudian cari meta name keywordnya.
8. Histats

Itula 8 ide keyword dari pakar seo rohadi right. Semoga tidak ada yang bingung lagi dalam brainstorming ide niche / keyword, dan toloong kurangi eksis disosmed, biar bisa fokus ngblognya. 

Jika masih ada ide, bisa sobat tulis dikomentar, karena admin dugagc ini bukanlah mastah.


UPDATE:
Mencari keyword menggunakan flippa + semrush.
Flippa is a marketplace for buying and selling websites, domain names and iOS apps, based in Melbourne, Australia and San Francisco.

Eksekusi

Nah, untuk bagian ini silahkan gunakan tool masing-masing. Bisa buat agc, semi agc, walppaper, semiwalpaper. Saya yakin pembaca dug agc punya senjata rahasia masing-masing. 

Untuk yang tidak punya senjata, bisa lakukan manual + semi agc, silahkan baca semi agc pada tutorial sebelumnya, bisa klik link dibawah ini.

Baca: Semi Agc Search Result

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Notification ! {New!}
Beberapa artikel di blog ini terkadang berisi informasi dari berbagai macam sumber. Hak cipta berupa gambar, teks, dan link sepenuhnya dimiliki oleh web tersebut.

Ads

Ayo sob di komen, kalau ada salah atau saran, kritik boleh coret coret dibawah, gratis kok!